Viral Video Luna Maya soal Corona yang Bikin Heboh


Luna Maya

Aktris Luna Maya mendadak menjadi sorotan. Di tengah pandemi corona saat ini, beredar potongan video Luna yang berisikan perbincangannya dengan seorang dokter hewan bernama Moh Indro Cahyono, di media sosial.

Video tersebut memuat perbincangan Luna dengan dokter Indro yang menyatakan virus corona tidak mematikan. Sontak video tersebut langsung mendapatkan reaksi keras dari para dokter, salah satunya oleh Berlian Idriansyah Idris.

Melalui cuitannya di akun Twitter @berlianidris, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ini, mengatakan bahwa video yang dibuat Luna dengan dokter hewan tersebut berpotensi membuat masyarakat meremehkan virus corona.

“Dear @LunaMaya26 & drh. Moh Indro Cahyono, penjelasan video ini salah & berpotensi membuat masyarakat meremehkan risiko tertular virus SARS-COV-2 yang menyebabkan COVID-19,” tulis dokter Bili.

Dalam video berdurasi 2 menit 19 detik itu, Indro memang mengatakan, dari sebagian besar pasien positif corona yang meninggal, tidak ada yang meninggal hanya karena COVID-19.

Indro menambahkan, biasanya pasien meninggal karena komplikasi penyakin lain,serta gangguan pernapasan, stroke, dan jantung.

“Malah ada yang COVID-nya negatif,” tutur Indro dalam video itu.

Selain itu, Indro juga menegaskan bahwa COVID-19 ini tidak membuat sakit.

“COVID ini tidak seganas atau membunuh seperti yang ada di media. Hidup kita itu indah, banyak yang bisa kita lakukan. Hidup kita bukan angka dan hidup kita tidak ditentukan oleh statistik,” lanjutnya.

Mendengar hal tersebut, Luna pun menanggapinya.

“Jadi sebenarnya, kalau ada di berita yang meninggal karena Corona itu sebetulnya sudah komplikasi dengan penyakit lain ya. Jadi bukan meninggal karena satu virus Corona itu ya?” kata Luna.
Indro pun meminta untuk tidak ada lagi pernyataan yang menghubungkan COVID-19 ini dengan kematian.

Pernyataan-pernyataan itulah yang akhirnya dikoreksi oleh dokter Bili dalam akun Twitternya. Salah satunya pernyataan Indro yang mengatakan belum ada yang meninggal karena COVID-19.
“Seperti namanya, severe acute respiratory syndrome, virus ini menyebabkan gangguan pernapasan akut berat akibat kerusakan pada paru, yg membuat gagal napas, bahkan kematian,” tulis Bili.
Bili juga meluruskan semua pernyataan Indro yang dirasa keliru dan bisa membuat masyarakat bingung. Termasuk pernyataan Luna yang mengatakan banyak meninggal karena komplikasi, dan bukan hanya karena virus corona, dan diaminkan oleh Indro.
“Atas dasar itu Luna menyimpulkan agar kita jangan panik. Betul kita tak boleh panik, tapi juga tdk boleh abai. Dan jangan atas dasar yg salah,” ujar Bili.
Selain mendapat koreksi dari dokter Bili, video Luna ini juga langsung mendapat respons netizen. Banyak yang menyayangkan keputusan Luna untuk berbincang masalah COVID-19 ini bukan dengan ahlinya, melainkan dengan dokter hewan.
“Mungkin mbak Luna maya gak bisa menemukan dokter yang menangani manusia, yg mau memberi pernyataan spt itu. Ya jadi apa yg dapat saja lah. Walaupun begitu, kami rasa mbak luna maya sama lah dgn kami. Kalo ada yg terasa gak enak sama badan, juga tidak akan konsul ke drh kan,” tulis akun @susi_sireg
“Baru tau artis klo klo konsul ke dokter hewan,” tulis akun @Fajar_RAR
“Dek @LunaMaya26 kamu sdh buat kesalahan besar, dengan vlog ini. Kamu sdh turut MEYESATKAN PUBLIK. Mustinya @KemenkesRI memberi peringatan pd Artis dan dokter hewan macam ini. Kalau Corona tak menyebakan mati, ngapain orang sehat ga boleh aktftas diluar? Larang sj yg sakit². PEA,” tulis akun @RadenKianSayang.
Potongan video Luna Maya soal virus corona ini merupakan potongan dari video yang diunggahnya di kanal YouTubenya pada 13 April lalu.

Sumber : Kumparan


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF