Ternyata, Ini 12 Makanan Yang Bisa Memicu Keguguran


Ilustrasi Keguguran (ist)
Ilustrasi Keguguran (ist)

Keguguran adalah momok yang paling ditakuti oleh setiap wanita hamil di dunia.

Pasalnya, keguguran akan menghancurkan mimpi seseorang atau sebuah keluarga untuk memiliki buah hati dan memiliki seorang penerus generasi.

Keguguran sendiri merupakan suatu kondisi yang mengacu pada akhir kehamilan yang spontan sebelum memasuki usia kehamilan 20 minggu.

Menurut hasil studi oleh Amerucan Pregnancy Association (APA) mengemukakan bahwa keguguran terjadi pada 10 hingga 20% dari total keseluruhan wanita hamil yang ada di dunia.

Disisi lain, mungkin angka keguguran yang sebenarnya lebih tinggi. Karena banyak diantara keguguran yang terjadi cukup awal selama kehamilan dan bahkan banyak wanita yang tidak tahu bahwa dirinya tengah hamil.

Keguguran memang kondisi yang sangat umum, namun tidak diragukan bahwa kondisi tersebut merupakan sebuah pengalaman yang sangat sulit terlebih untuk setiap wanita yang pernah mengalami.

Tahukah Anda ?

Salah satu penyebab utama keguguran selama trimester pertama ialah karena perkembangan janin yang abnormal. Dan kondisi tersebut bisa terjadi oleh berbagai faktor.

Termasuk faktor genetik, kondisi kesehatan kronis seperti hipertensi dan diabetes, usia diatas 35 tahun, kelebihan berat badan, merokok, alkohol, narkoba, kafein, hingga keracunan makanan.

Ya, makanan menjadi salah satu penyebab keguguran yang terkadang tidak Anda sadari.

Oleh karena itu, mengenal makanan apa saja yang bisa menyebabkan keguguran dan memastikan bahwa Anda tidak mengonsumsinya selama kehamilan adalah cara yang paling tepat.

Adapun 12 makanan yang menyebabkan kaguguran diantaranya ialah :

  1. Nanas

Nanas terutama nanas muda adalah salah satu buah yang sangat pantang dikonsumsi oleh seorang wanita hamil terlebih di masa awal-awal kehamilan.

Keguguran tersebut bisa terjadi akibat senyawa kimia bromelain dan protease pada buah nanas.

Baca :   Akibat Kelelahan, Petugas KPPS di Pacitan Mengalami Keguguran

Kedua enzim tersebut akan menyebabkan suhu air ketuban meningkat secara drastis sehingga menghambat pertumbuhan janin yang ada di dalam rahim.

Tidak ada batasan yang aman untuk mengonsumsi nanas muda selama kehamilan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak memasukan nanas ke dalam list menu makanan harian Anda.

  1. Kepiting

Jika selama ini kita mengenal kepting adalah makanan laut yang padat akan gizi, ternyata hal tersebut tak berlaku untuk Anda yang kini tengah hamil.

Pasalnya, kepiting mengandung merkuri dan beberapa logam berat lainnya yang tentu saja akan berbahaya untuk keselamatan janin di dalam rahim.

Bahkan disebutkan bahwa akibat dari makan kepiting selama kehamilan adalah menyusutnya ukuran rahim dan pendarahan genital yang berujung pada keguguran.

  1. Pepaya Muda

Buah pepaya muda pada umumnya digunakan sebagai salah satu buah pelengkap dalam rujak atau petisan. Dikombinasikan bersama dengan mangga muda dan kedondong menjadi menu ngidam yang sangat umum untuk ibu hamil.

Namun usut punya usut ternyata pepaya muda mengandung getah yang sangat banyak. Nah getah inilah yang pada akhirnya akan mengganggu ketenangan janin.

Tak perlu risau, karena sebetulnya ada trik khusus yang bisa dilakukan agar Anda tetap bisa mengonsumsi pepaya muda untuk dijadikan sebagai petisan.

Yaitu dengan cara merendam buah pepaya muda di dalam air garam sebelum ia dikonsumsi. Itupun jika Anda memang sangat tidak tahan berkeinginan untuk mengonsumsinya.

  1. Durian

Meskipun memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, buah durian tetap mengandung asam arachidonat dan alkohol yang sangat tinggi.

Nah, kandungan senyawa asam arachidonat ini dapat memicu produksi prostaglandin dan merangsang terjadinya kontraksi di dalam rahim.

Baca :   Tips Agar Gula Darah Tak Naik Gara-Gara Makan Enak Saat Imlek

Sementara kanudngan alkohol pada buah durian menjadi penyebab kenapa seorang wanita hamil bisa mengalami proses kelahiran prematur dan memiliki bayi dengan berat badan yang rendah.

  1. Biji Wijen

Jika Anda ingin terhindar dari bahaya keguguran, maka sebaiknya Anda menghindari pengonsumsian biji wijen pada tahap awal kehamilan.

Pasalnya, ketika biji wijen dikonsumsi bersamaan dengan madu akan menyebabkan masalah pada kehamilan Anda saat ini.

  1. Hati Hewan

Hati hewan umumnya dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup besar.

Jadi hanya mengonsumsi dalam jumlah sedikit mungkin bukanlah suatu masalah. Akan tetapi, jika hati hewan ini dikonsumsi dalam jumlah besar. Maka bisa menyebabkan terjadinya akumulasi retinol yang buruk untuk janin.

  1. Lidah Buaya

Sungguh bukan perkaya yang mudah untuk dipercaya. Pasalnya, lidah buaya biasanya dikenal dengan kandungan manfaatnya yang cukup berlimpah ruah.

Akan tetapi, itu tidak berlaku ketika Anda hamil. Pasalnya, lidah buaya mengandung antrakuinon atau sejenis pencahar yang dapat memicu kontraksi rahim dan pendarahan panggul yang berujung pada keguguran.

  1. Buah Persik

Persik diyakini sebagai suatu buah yang panas di alam. Jadi ketika ia dimakan selama kehamilan.

Maka besar kemungkinan akan menghasilkan panas berlebih di dalam tubuh, menyebabkan pendarahan internal dan keguguran.

  1. Telur dan Daging Unggas

Mengolah telur dan daging unggas secara menyeluruh dan hingga benar-benar matang adalah cara terbaik jika Anda ingin mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut selama kehamilan.

Pasalnya, telur dan daging unggas yang tidak dimasak dengan benar dapat membawa bakteri jahat yang disebut dengan salmonella.

Yang pada akhirnya dapat menyebabkan diare, demam, keracunan makanan, sakit usus hingga keguguran.

  1. Buah Delima
Baca :   Perut Buncit? Tuntaskan dengan 8 Makanan Pendukung Ini

Mengejutkan memang, buah yang sangat kaya antioksidan ini ternyata menjadi salah satu makanan penyebab keguguran pada seorang wanita hamil.

Tentu bukan hanya sekedar omong kosong, namun hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran di Universitas Harvard.

  1. Produk Susu

Produk susu yang tidak dipasteurisasi atau mentah seperti, mozzarella, keju feta, brie dan gorgonzola memiliki bakteri Listeria monocytogenes yang dapat berbahaya bagi kehamilan.

  1. Ikan Tinggi Merkuri

Meskipun ikan dianggap sebagai makanan sehat. Namun untuk kehamilan Anda saat ini, sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih jenis ikan yang akan Anda konsumsi.

Pasalnya, beberapa varietas ikan tertentu memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi seperti ikan marlin, ikan hiu, ikan tilefish, ikan pedang, ikan tuna, dan ikan king mackerel.

Tentu saja asupan ikan tinggi merkuri ini akan sangat berbahaya untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin di dalam kandungan.

Sumber : https://www.astv.co.id


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF