Makan Keju Saat Sarapan Bisa Lindungi Pembuluh Darah


Ilustrasi Makan Keju (Foto : Istimewa)
Ilustrasi Makan Keju (Foto : Istimewa)

Suka makan keju saat sarapan tapi khawatir jaidi gendut? Studi terbaru mengungkap mineral pada keju ternyata dapat melindungi pembuluh darah

Keju meurpakan hasil fermentasi susu segar sehingga jadi andalan sebagai sumbe rnutrisi terutama saat sarapan. Tetapi kandungan lemak pada keju sering membuat banyak orang takut makan keju.

Padalah keju mengandung nutrisi baik. Dilaporkan oleh Mirror (18/9) salah satu penelitian di Penn State University telah menunjukkan bahwa keju sebenarnya dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kadar garam yang tinggi dalam makanan.

Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa ketika orang dewasa mengonsumsi makanan tinggi garam, mereka akan mengalami disfungsi pembuluh darah. Tetapi ketika mereka mengonsumsi 4 porsi sehari dengan pola makan sama tidak ada efeknya.

Billie Alba, pemimpin penelitian mengatakan ada anjuran untuk mengurangi asupan sodium, tetapi bagi sementeara orang sulit dilakukan.

Cara yang paling mungkin dengan mengasup lebih banyak produk susu seperti keju. Agar dapat menjadi strategi alternatif untuk mengurangi risiko kardiosvaskular dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah tanpa harus mengurangi total sodium.

Studi ini melibatkan 11 orang dewasa, yang masing-masing mengikuti empat diet selama delapan hari sekaligus. Berupa diet rendah garam dan diet tanpa produk susu, diet rendah garam dan tinggi keju, diet tinggi garam dan diet tanpa produk serta serta diet tinggi garam dan tinggi keju.

Kemudian pada di akhir diet selama seminggu, para peneliti menganalisis pembuluh darah para partisipan, serta tekanan darahnya.

Hasilnya mengungkapkan bahwa setelah satu minggu menjalani diet tinggi garam dan tanpa keju, pembuluh darah partisipan mengalami lebih banyak kesulitan untuk rileks. Tetapi setelah satu minggu menjalani diet tinggi garam dan banyak keju tmereka merasakan lebih rileks.

Baca :   Penelitian Membuktikan Bahwa Tidur Siang Bisa Turunkan Tekanan Darah Guys

“Ketika para partisipan menjalani diet tinggi sodium tanpa keju, kami melihat fungsi pembuluh darah mereka menurun sama seperti faktor risiko kardiovaskular. Tetapi ketika mereka mengonsumsi jumlah garam yang sama, dengan makan keju sebagai sumber garam itu, efek itu benar-benar tidak terjadi,” ungkap Profesor Laxy Alexander, peneliti lain dalam penelitian ini.

Meskipun alasan untuk efek ini masih belum jelas, namun para peneliti mengatakan bahwa antioksidan dalam keju mungkin saja dapat memainkan peran dalam pembuluh darah.

“Ada bukti ilmiah bahwa nutrisi produk susu, khususnya peptida yang dihasilkan selama pencernaan protein susu, memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat, Mereka memiliki kemampuan untuk mengais molekul oksidan ini yang dapat melindungi terhadap efek fisiologis yang merusak,” tutup Billie Alba.

(odi/odi)

Sumber : https://food.detik.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF