BKN: PNS Bekerja di Rumah Bisa Terealisasi 20 Tahun Lagi


Ilustrasi PNS (Foto : Istimewa)
Ilustrasi PNS (Foto : Istimewa)

Pemerintah berencana mengizinkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja dari rumah. Konsep ini menyontek cara kerja perusahaan perintis atau startup yang bisa dilakukan di mana saja.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana memandang konsep PNS bisa bekerja di rumah kemungkinan baru benar-benar efektif terealisasi dalam waktu 20 tahun lagi. Meski begitu, konsep PNS kerja di rumah bisa dilakukan bertahap lima tahun ke depan.

“20 tahun lagi mungkin saja. Kita harus mengantisipasi perkembangan teknologi yang sedemikian cepat, yang mungkin bisa lebih efektif kalau tidak semuanya hadir di kantor,” kata Bima di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (19/8).

Bima mengatakan, saat ini kajian tentang konsep PNS bekerja di rumah dan siapa saja yang bisa mendapatkan tugas tersebut masih berlangsung. Menurut dia, ada beberapa kementerian atau lembaga yang sudah mulai melakukan penelitian.

Menurut Bima, dari kajian BKN memang ada PNS yang bisa bekerja di rumah dan ada yang harus ke lapangan atau kantor. Profesi yang mengharuskan PNS bekerja di kantor atau lokasi tempat kerjanya misalnya dokter dan guru.

Sementara PNS yang bisa bekerja di rumah contohnya peneliti atau pranata komputer. Meski mereka bisa bekerja di rumah, kata Bima, ada tahapannya, misalnya memastikan kinerja yang bersangkutan ketika bekerja di rumah.

“Betul enggak dia di rumah kerja atau tidur-tidur saja. Itu kan harus dibuat terlebih dahulu (alat penilaiannya), kemudian kalau sudah dibuat ini koneksi ke kantornya bagaimana nih? Dengan mobile, dengan internet atau bagaimana? Seberapa secure pekerjaan-pekerjaan itu kalau dikirim. Itu semua masih perlu kita kaji lebih dalam lagi,” jelasnya.

Dia mengatakan masih banyak hal yang perlu dikaji lebih dalam lagi terkait rencana baru tersebut. Sebab selalu memunculkan pertanyaan lain seperti PNS dan pegawai lepas tak ada bedanya jika sama-sama bekerja di rumah.

Baca :   Sogok Rp 1,2 M Agar Jadi PNS, 8 Orang di Tapanuli Tengah Ditipu Bupati

Bima menegaskan semua itu akan terlihat jelas jika peraturan pemerintah tentang hal ini sudah terbit. Dia menegaskan konsep PNS bekerja di rumah tidak berkaitan dengan pemindahan ibu kota ke Kalimantan.

Sumber : https://kumparan.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF