Gara-gara Israel, Ada Ribuan Makhluk Terkuat Bumi yang Hidup di Bulan


1 share
Tardigrada, makhluk mikroskopis tekuat di Bumi. Foto: flickr/widomirama
Tardigrada, makhluk mikroskopis tekuat di Bumi. Foto: flickr/widomirama

Sekarang, mungkin ada ribuan makhluk terkuat Bumi yang hidup di Bulan. Mereka adalah tardigrada, yang menurut para ilmuwan, bisa bertahan hidup hingga hari kiamat nanti. Mereka bisa sampai ke Bulan karena menumpang pesawat luar angkasa tanpa awak milik Israel, Beresheet, yang jatuh menghantam permukaan Bulan pada 11 April 2019 lalu.

Kisahnya begini, Beresheet membawa sebuah paket seukuran DVD yang di dalamnya terdapat tardigrada. Paket itu adalah milik Nova Spivack, pendiri Arch Mission Foundation, organisasi nonprofit yang berusaha “mengabadikan” informasi mengenai manusia dan Bumi. Selain itu, paket juga membawa DNA manusia dan 30 juta halaman informasi tentang pengetahuan umat manusia

Spivack mengatakan bahwa tardigrada yang ia kirim berhasil bertahan hidup di permukaan Bulan. Ini meski pesawat luar angkasa yang makhluk itu tumpangi hancur menghantam permukaan Bulan.

“Dalam 24 jam pertama kami hanya syok. Kami semacam berharap bahwa itu akan berhasil. Kami tahu ada risiko tetapi kami tidak berpikir risiko itu sangat besar,” ujar Spivack kepada majalah Wired.

Tapi, setelah menganalisis bagaimana lintasan Beresheet saat jatuh dan komposisi perpustakaan bulan yang ada di dalamnya, Spivack mendapat harapan baru. Spivack percaya bahwa muatannya selamat dari kecelakaan nahas tersebut.

“Muatan kami mungkin satu-satunya yang selamat dari misi itu,” kata dia.

Arch Mission Foundation punya rencana menciptakan “Perpustakaan Bulan”. Tardigrada yang dikirim ke Bulan itu adalah bagian dari perpustakaan Bulan rancangan Arch Mission Foundation.

Tardigrada adalah salah satu makhluk tertangguh di Bumi. Hewan mikroskopis ini memiliki panjang sekitar 0,012 hingga 0,020 inci, dan dapat hidup dalam suhu hingga 151 derajat Celcius, serta dapat hidup dalam keadaan beku.

Baca :   Hendak Mendarat di Bulan, Pesawat Antariksa Milik Israel Malah Jatuh

Ada satu tardigrada yang diketahui bisa bertahan hidup selama 30 tahun dalam keadaan beku. Tardigrada juga dapat hidup tanpa air hingga satu dekade dengan menempatkan dirinya dalam kondisi mati suri.

Sumber : https://kumparan.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF