Fokus Pelayanan Publik, Kepala Daerah Diimbau Tak Ikut Kampanye Capres Cawapres


5 shares
Jokowi dan Prabowo Pada Debat Kedua Pilres (Foto : https://mmc.tirto.id/)
Jokowi dan Prabowo Pada Debat Kedua Pilres (Foto : https://mmc.tirto.id/)

Pengamat politik dari FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Setia Budhi mengatakan pemimpin daerah tidak harus menghadiri kampanye akbar capres dan cawapres di Pemilu 2019, salah satunya Joko Widodo di Stadion 17 Banjarmasin pada Rabu (27/3).

Ia mengakui kepala daerah pendukung Jokowi punya peluang cuti saat kampanye. Menurut Setia, pejabat publik tidak harus terlibat aktif karena berpotensi mencoreng citra pribadi si kepala daerah, baik kepala daerah pendukung Jokowi-Maruf Amin atau Prabowo-Sandi.

Sebab, keberadaan kepala daerah saat kampanye salah satu kubu capres membuat kesan tidak netal di tengah masyarakat. Budhi mengimbau kepala daerah berfokus mempriotaskan pelayanan publik lebih dahulu, sebelum menguras tenaga untuk kepentingan lainnya.

“Kan filosofi kerja kepala daerah itu melayani kepentingan publik. Itu yang utama. Bukan untuk melayani kekuasaan,” kata Setia Budhi kepada wartawan¬†banjarhits.id, Donny Muslim, Selasa (26/3).

Ia menambahkan, kepala daerah yang menyatakan deklarasi dukungan ke salah satu paslon juga mesti hati-hati. Apalagi angka elektabilitas dua pasang calon makin terpaut tipis jelang coblosan 17 April mendatang.

“Iya kalau yang didukung menang. Bagaimana kalau kalah? Kemana kaki harus berpijak?” kata Setia.

Langkah paling aman, Setia Budhi menyarankan kepala daerah tak perlu repot-repot berkampanye dalam bentuk apapun. Bukan tanpa alasan, menurut dia inilah definisi yang paling ideal seorang kepala daerah, berpihak sepenuhnya untuk masyarakat.

Direncanakan, 25 ribu massa akan menyemut di Stadion 17 Mei Banjarmasin dalam rangka kampanye akbar capres Jokowi di ajang Pilpres 2019. Pelaksanaan kampanye terbuka dijadwalkan berlangsung pukul 14.00 – 16.00 WITA.

Setelah itu, Jokowi akan ngopi bareng milenial di Taher Square, dan berlanjut pertemuan bersama tokoh agama di Hotel Mercure.

Baca :   Semringah Usai Nyoblos, Jokowi Optimistis Menang Pilpres 2019

Sumber : https://kumparan.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF