Konsumsi Yoghurt Bisa Cegah Diabetes hingga Kanker


60 shares
Yogurt (Foto : Istimewa)
Yogurt (Foto : Istimewa)

Yoghurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut ilmuwan nutrisi Dr. Matthew Blaylock, PhD, dari ribuan artikel dalam jurnal terdapat kesimpulan bahwa yoghurt sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan dan pencernaan menjadi lebih lancar karena kandungan seratnya.

Seseorang yang memiliki banyak bakteri jahat dalam tubuhnya biasanya akibat salah makan, sehingga menyebabkan diare. Namun diare bisa diatasi dengan yoghurt karena dapat mengembalikan keseimbangan bakteri yang jahat. Dengan demikian sistem daya tahan tubuh bisa dikuatkan.

Baca :   Minum Teh Terlalu Panas Tingkatkan Risiko Kanker Kerongkongan

Matthew menambahkan, 70 persen sistem daya tahan tubuh ada di pencernaan. “Itulah kenapa penting menjaga bakteri baik atau kultur hidup dalam tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya kepada VIVA, belum lama ini.

Minum yoghurt juga bisa membantu menurunkan berat badan karena membuat lebih kenyang. Makan pun menjadi lebih terjaga porsinya.

Baca :   Hati-Hati, Lakukan Ini Sembarangan Pada Payudara, Picu Tingkatkan Risiko Kanker

Selain itu, yoghurt dapat mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium dam fosfornya. Anak yang tidak minum cukup banyak susu atau yoghurt tidak akan membuat tulangnya kuat. Di usia lanjut tulang mereka akan menjadi lebih lunak dan rentan mengalami patah tulang karena osteoporosis.

“Yoghurt juga bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2,” ujar Matthew.

Baca :   Makan Es Krim Saat Haid Picu Kanker Serviks, Mitos Atau Fakta?

Minum yoghurt setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 14 persen dan menurunkan tensi darah karena banyak mengandung kalium. Yoghurt juga disebut bisa mencegah kanker usus yang umum menyerang kelompok usia menengah ke atas. Penyakit ini sering disebabkan ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat. (rna)

Sumber : www.viva.co.id


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF