Penghasilan Nelayan Capai Rp 5 Juta per Hari, Wiranto: Saya Mau Pindah Jadi Nelayan Sajalah


32 shares
Menteri Wiranto meninjau Sentral Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Kabupaten Pulau Morotai.
Menteri Wiranto meninjau Sentral Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Kabupaten Pulau Morotai.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto meninjau Sentral Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Kabupaten Pulau Morotai.

Pembangunan SPKT termasuk salah satu peran pengelolahan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) yang dilakukan Kementerian Kelautan, dan Perikanan bekerjasama dengan BNPP di Pulau Morotai.

“Tadi Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) saya telepon mengenai hambatan dan kesulitan pemasaran nelayan, tetapi beliau masih di Natuna,” kata Wiranto di Kabupaten Morotai, Selasa (19/3/2019).

Baca :   Hanura Tak Lolos, Wiranto: Tak Perlu Menyalahkan Saya

Wiranto pun mengaku kaget. Ternyata kehadiran SPKT memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para nelayan. Pendapatan nelayan perhari bisa menembus angka sampai Rp 5 juta perhari.

“Saya merasa sangat bangga bahwa program SPKT dapat memberikan kesejahterahan kepada masyarakat. Saya tanya nelayan penghasilan rata satu hari Rp 5 juta berarti satu bulan bisa mencapai 100 juta lebih. Kalau 100 juta lebih saya ingin berpindah jadi nelayan. Karena gaji jadi Menteri seperlimanya itu,” kata Wiranto berkelakar.

Selain itu, kini nelayan mudah menangkap ikan. Tak perlu berlayar sampai jauh untuk mendapatkan ikan tuna. Biasanya harus berlayar 8 mil kini hanya membutuhkan jarak 2 mil sampai 3 mil saja.

Baca :   Kisah Nelayan di Donggala yang Selamat Usai 'Kelahi' dengan Buaya

“Operasi-operasi yang dilaksanakan Kementerian Kelautan, dan Perikanan yang diburu oleh nelayan semakin dekat ke pantai tadinya sampai 8 mil atau10 mil sekarang tiga mil sudah dapat tuna dengan bobot cukup besar yakni sampai 45 kilogram. Itu hasil dari program nawacita ketiga yakni membangun dari pinggiran,” ujar Wiranto.

Bukti Potensi Daerah

Wiranto menjelaskan, hasil tinjauan di Pulau Morotai nyatanya menjadi bukti bahwa masih banyak potensi-potensi daerah yang dapat ditingkatkan untuk mensejahterakan masyarakat.

Baca :   Penyebab Instagram, Facebook dan WhatsApp Down Sengaja Dilakukan Pemerintah di Aksi 22 Mei

“Artinya apa kalau kita mau ada jalan. Kalau kita punya harapan pasti ada jalan. Catatan jalan itulah yang kita tempuh untuk melakukan bersama-samaSaya sangat bangga, sangat berbahagia takala melihat kekayakan melipah ruah dan tinggal bagaimana mengelolah dengan baik,” tandas dia.

Sumber : www.liputan6.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF