5 Efek Buruk Menggunakan Tisu Basah untuk Wajah


29 shares
Ilustrasi Tisu Basah
Ilustrasi Tisu Basah

Karena sedang tidak ada air atau terlalu malas untuk pergi ke kamar mandi dan mencuci muka, sebagian orang memilih untuk membersihkan badannya dengan tisu basah untuk wajah. Logikanya, tisu basah  untuk muka yang praktis digunakan ini memang bisa membuat berbagai kotoran terangkat layaknya saat kita menggunakan air. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan tisu basah untuk wajah sangat tidak direkomendasikan karena bisa memicu masalah kesehatan kulit.

Efek Membersihkan Wajak Pakai Tisu Basah

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan jika menggunakan tisu basah pada wajah, di antaranya:

1. Kulit kering

Tisu basah memiliki kandungan alkohol yang ditujukan untuk membunuh bakteri. Memang, manfaat tisu basah untuk wajah yang mengandungan alkohol ini bisa membersihkan bahan kimia make-up dengan cukup efektif. Sayangnya, alkohol bisa membuat kulit menjadi lebih kering.

2. Keriput

Memakai tisu basah wajah juga akan bisa menyebabkan kulit semakin berkeriput. Hal ini disebabkan oleh proses pembersihan dengan tisu basah yang tidak benar-benar efektif mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati. Hal ini akan membuat kulit menjadi kusam dan mudah menua.

3. Jerawat

Tisu basah untuk wajah tidak akan efektif membersihkan kotoran dan sel kulit mati sehingga akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan memicu datangnya jerawat.

4. Iritasi kulit

Tisu basah untuk muka memiliki bahan kimia seperti surfaktan yang bisa memicu iritasi atau kemerahan pada sebagian orang yang memiliki masalah kulit sensitif. Kerap menggunakannya tentu akan membuat iritasi kulit menjadi semakin parah.

5. Kantung mata menjadi lebih kendur

Jika membersihkan kulit wajah dengan cara menggosokkan tisu basah dengan keras pada area kantung mata, maka kulit akan semakin mengendur sehingga akan menyebabkan masalah kantung mata.

mencuci wajah dengan cleanser jauh lebih efektif karena apabila membersihkan dengan tissue basah meninggalkan residue sehingga dapat menyebabkan kulir kering, iritasi dan jerawat. Beberapa merk tissue basah yang mengandung senyawa kimia formaldehyde yang seringsekali menjadi penyebab reaksi alergi dan dapat memicu kanker.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya mencuci wajah dengan cleanser yang jauh lebih efektif karena apabila membersihkan dengan tisu basah dapat meninggalkan residu sehingga bisa menyebabkan kulir kering, iritasi dan jerawat. Beberapa merk tisu basah mengandung senyawa kimia formaldehyde yang seringsekali menjadi penyebab reaksi alergi dan dapat memicu kanker.

Sumber : https://doktersehat.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF