Wajib Ditiru, Ini 5 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari


Ilustrasi Sukses (Foto : Istimewa)

Apa yang terbesit di benak Anda saat mendengar kata sukses atau orang sukses? Mereka pasti bekerja keras pagi hingga malam, jarang bermain, tidak peduli hiburan dan sebagainya.

Padahal, orang sukses sama “normal”nya seperti kita, bedanya dia bisa mengatur skala prioritas dan waktunya.

Menjadi sukses dibentuk dari kebiasaan yang dilakukan secara rutin setiap hari. Berikut 5 langkah yang dilakukan orang-orang sukses setiap hari agar hari mereka produktif dan terpakai dengan baik, dilansir dari Entrepreneur:

1. Buat rutinitas tiap pagi

Orang sukses bukanlah orang yang bangun tidak teratur dan tidak tahu harus apa hari ini. Dia punya jadwal setiap pagi untuk dilakukan.

Laura Vanderkam, penulis buku terkenal What the Most Successful People Do Before Breakfast and Off The Clock mengatakan, biasanya orang-orang sukses akan bangun pagi, berolahraga, membaca berita, sarapan yang sehat dan melakukan tugas yang paling sulit terlebih dahulu.

Rutinitas harian tersebut membuat mereka bisa fokus dari pagi hingga malam dan menyelesaikan tugas yang harus diselesaikan.

2. Tidak membiarkan ada waktu menganggur

Orang sukses biasanya pandai memanfaatkan waktu luang. Mereka akan sekadar membaca buku favorit atau menulis di buku harian mereka.

Namun jika terlalu sibuk, mereka akan melakukan hal-hal itu saat mereka bisa mencuri waktu, misalnya membaca buku di kereta saat pulang kerja atau mendengarkan audiobooks seperti Podcasts. Dengan begini, mereka tetap santai namun bermanfaat.

3. Buat knockout list

Knockout list adalah daftar kegiatan yang harus diselesaikan hari itu juga apapun alasannya. Hal itulah yang membuat orang sukses terlihat pandai mengatur waktu mereka.

Misalnya, hari ini agenda penting mereka adalah menyelesaikan wawancara, membuat laporan, memesan tiket hotel, memperbaiki laptop dan menata rumah. Orang sukses akan menyelesaikan apa yang sudah mereka tulis di knockout lists, batasnya adalah hari esok.

Baca :   Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Ini Tips dari CEO Tokopedia

4. Jarang mengadakan rapat

Elon Musk pernah bilang kepada rekan kerjanya di Tesla untuk tidak sering-sering mengadakan rapat yang hanya berupa laporan, laporan dan laporan. Menurut Musk, rapat adalah hal busuk dalam perusahaan yang besar. Oprah Winfrey juga tidak mengadakan rapat kecuali jika benar-benar urgent.

Riset dari Harvard Business School dan Boston University mengatakan, rapat justru menjadi penghalang seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya. Jika ada yang perlu didiskusikan, orang-orang sukses lebih suka menggunakan koordinasi lewat email yang komprehensif dan jelas.

5. “Menunda pekerjaan” (hanya di saat tertentu)

Hal ini mungkin terdengar kontras dari saran sebelumnya, karena menunda justru tidak membuat pekerjaan selesai. Tidak, maksud menunda di sini adalah tidak mengerjakan pekerjaan sampai mendekati batas waktu.

Biasanya, otak akan bekerja untuk menemukan cara tercepat menyelesaikan pekerjaan ini. Tapi, jangan lakukan hal ini terlalu sering! Ini hanyalah hack jika di saat mendadak pekerjaan masih menumpuk.

Sumber : www.liputan6.com

 


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF