Heboh, Seorang Ibu Terobos Paspampres Ngadu ke Jokowi Tanahnya Belum Dibayar


247 shares
Ibu Nur Halimah yang menerobos paspampres (Foto : Detik)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (8/3/2019) meresmikan salah satu ruas Tol Trans Sumatera, yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar. Tol sepanjang 140,7 kilometer ini dibangun sejak 2015.

Insiden terjadi di sela-sela peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seorang ibu bernama Nur Halimah menerobos penjagaan Paspampres untuk bertemu Jokowi.

Peristiwa itu terjadi sesaat usai Jokowi selesai berpidato untuk peresmian Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (8/3/2019). Baru saja Jokowi menutup pidato, tiba-tiba Nur Halimah yang berjilbab merah muda dan berbaju hijau lari ke panggung mengarah ke Jokowi.

Dia sempat melepas sandalnya sebelum naik ke panggung. Dia langsung menyambar tangan Jokowi. Jokowi pun tampak terkejut atas kehadiran ibu tersebut.

Rupanya, Nur Halimah mengadu ke Jokowi soal tanahnya yang dibebaskan untuk tol Bakauheni-Terbanggi Besar belum dibayar. Asisten Ajudan Jokowi, Syarief, langsung mendekat dan merangkul ibu tersebut. Syarief langsung menggendong ibu itu, yang tiba-tiba pingsan saat turun dari panggung.

Gendongan dari Syarief disambut anggota Paspampres yang membawa ibu itu ke tenda. Suasana sempat hening sejenak dan kembali normal.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil buka suara soal kejadian tersebut. Ibu itu mengadu ke Jokowi saat peresmian tol, dan Sofyan ikut mendampingi Jokowi.

“Tadi ibu-ibu itu yang lari (menuju ke Jokowi) mengatakan bahwa tanahnya belum dibayar,” kata Sofyan ditemui usai peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Jumat (8/3/2019).

Pasca kejadian itu, pihaknya akan mengecek kebenarannya. Sofyan mengatakan bahwa pembebasan lahan tol pasti sudah dibayar ke masyarakat yang sebelumnya menempati lahan tersebut

“Ini kita akan lihat secara detail, nggak mungkin belum dibayar,” sebutnya.

Kalau pun ada komplain, dimungkinkan karena hal lain. Misalnya itu karena lahan yang sebelumnya ditempati warga merupakan lahan milik negara, sehingga ganti rugi yang diterima berbeda bila lahan itu milik pribadi.

Tapi, pada intinya, pihaknya akan memproses aduan tersebut agar bisa diselesaikan dengan baik.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan pihaknya akan mengecek jika memang terdapat persoalan tertentu. “Kami sudah koordinasi internal untuk mencari tahu segera agar dapat cepat ditindak-lanjuti,” pungkasnya.

“Terkait hal tersebut, kami di HK senantiasa menyelenggarakan proses pembebasan lahan sesuai aturan yang berlaku,” kata Fauzan dalam keterangan resmi Hutama Karya, Jumat (8/3/2019).

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan bahwa pihaknya akan mengecek jika memang terdapat persoalan tertentu.

“Kami sudah koordinasi internal untuk mencari tahu segera agar dapat cepat ditindak-lanjuti,” katanya.

PT Hutama Karya (Persero) adalah BUMN konstruksi yang ditugaskan pemerintah membangun tol Trans Sumatera, salah satunya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar 140,7 kilometer.

Nur Halimah belakangan diketahui adalah identitas ibu-ibu yang menerobos Paspampres untuk mengadu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah kejadian di tengah acara peresmian tol, dirinya berkesempatan bertemu lagi dengan Jokowi. Nur Halimah menyebut masalah yang diadukannya sudah beres.

“Sudah disampaikan semua ke Pak Jokowi di dalam tadi. Sudah beres,” kata Nur Halimah di Rumah Makan Siang Malam, Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Jumat (8/3/2019).

Nur Halimah bertemu dengan Jokowi secara tertutup di rumah makan tersebut. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung ikut mendampingi.

Tidak diketahui apa saja yang dibicarakan dalam pertemuan itu. Seusai pertemuan, Nur Halimah juga irit bicara.

(hns/hns)

Sumber : www.detik.com

 


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF