PDIP Desak Rocky Gerung yang Diduga Hina KH. Agus Salim Lepas Status WNI


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyoroti dugaan penghinaan yang dilakukan Rocky Gerung terhadap pahlawan nasional KH Agus Salim. Dalam sebuah video yang beredar Rocky menyebut wajah Agus Salim seperti kambing berjenggot.

Hasto mendesak Rocky melepaskan status kewarganegarannya. Karena, menurutnya telah menghina dan tak menghormati pahlawan bangsa Indonesia.

“Atas hinaan yang ditujukan kepada Kiai Agus Salim tersebut, PDI Perjuangan mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya,” kata Hasto di Aceh, Rabu (7/3).

Sebelumnya, Forum Anak Nagari di Sumatera Barat melaporkan Rocky Gerung ke Polda Sumbar pada Selasa (5/3). Rocky dilaporkan karena diduga menghina pahlawan nasional asal Sumatera Barat, KH Agus Salim.

Menurut Hasto, pernyataan tersebut tidak pantas dikeluarkan oleh seorang anak bangsa. Ia menilai sosok Agus Salim telah berjasa untuk kemerdekaan Indonesia, terlebih melalui diplomasinya.

“Tidak pantas diucapkan anak bangsa. Rocky sama sekali tidak memahami bagaimana perjuangan KH Agus Salim yang begitu dihormati dengan kemampuan diplomasinya yang luar biasa,” ucap Hasto.

“Berkat jasa Kiai Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah,” sambungnya.

Hasto menyatakan PDIP juga akan melaporkan dugaan penghinaan tersebut kepada pihak kepolisian. Menurutnya, dugaan penghinaan yang dilakukan Dosen Filsafat UI itu bisa memecah belah persatuan.

“Mereka yang menghina pahlawan nasional, bangsanya, sama saja tidak punya patriotisme dan hanya menjadi benalu pemecah belah bangsa,” pungkasnya.

Sumber : https://kumparan.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF