Cita-cita Anak Zaman Now: Mau Jadi YouTuber


35 shares
Youtuber Indonesia (Foto : kompas.com)

Sebuah survei menyebutkan bahwa anak-anak zaman now bercita-cita menjadi YouTuber ketika dewasa nanti. Hal ini telah menggeser lanskap dunia kerja, di mana dahulu mereka ada yang ingin menjadi astronaut, pembalap atau dokter hewan.

Dikutip dari situs Metro, Kamis, 7 Maret 2019, survei ini dilakukan oleh aktivis Hoop terhadap 1.000 anak di bawah usia 16 tahun. Sejumlah anak laki-laki ingin menjadi seorang YouTuber, pesepakbola, serta polisi. Sedangkan anak perempuan tertarik mengejar karier di bidang sains, mengajar dan ibu rumah tangga.

Pendiri Hoop, Max Jennings mengatakan, cita-cita ini datang dari beberapa sumber. “Seperti dorongan pada kegiatan STEM (sains, teknologi, teknik, dan matematika) di sekolah. Itu jelas memiliki dampak yang sangat besar,” kata dia.

Max mengingatkan, apapun yang menjadi pilihan karir, penelitiannya juga menunjukkan bahwa ketika mereka menjadi remaja mereka punya harapan yang mulia tentang apa yang ingin mereka raih.

Perusahaan jasa keuangan, OneFamily, juga mengeluarkan survei, dan menjelaskan bahwa remaja yang di survei memiliki keinginan menghasilkan uang £70 ribu atau Rp1,28 miliar dalam setahun ketika berusia 30 tahun.

Mereka mengaku telah berbicara dengan lebih dari 2.000 remaja usia 13-19 tahun untuk mengetahui gambaran dari karir mereka. Ketika menyangkut karier, 45 persen anak-anak berpikir mereka akan mendapat pekerjaan impian saat mencapai usia 30 tahun.

Adapun, sekitar 21 persen percaya bahwa mereka bisa mengatur pekerjaan mereka sendiri, baik dengan berbisnis atau yang lainnya. Lalu, ada 11 persen anak yang ingin mengejar karier di jalur modern seperti menjadi pengembang video game, blogger, artis Instagram atau koding. (ase)

Sumber : https://www.viva.co.id


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF