Viral : Kampanye Hitam ke Jokowi, Tiga Emak-emak Karawang Jadi Tersangka


37 shares
Tiga ibu yang melakukan kampanye hitam ke Calon Presiden nomor urut 01, Jokowi, di Karawang. Foto: Dok. Istimewa

Polisi telah menetapkan tiga emak-emak Karawang menjadi tersangka terkait dugaan kampanye hitam ke Jokowi. Perempuan berinisial ES, IP, dan CW dijerat dengan UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta UU N0.1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

“Jadi nanti perkembangan proses sidik ini. Kita terus lakukan penyidikan,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Selasa (26/2).

Polisi telah mengantungi cukup bukti untuk menjadikan ketiganya sebagai tersangka. Mereka pun kini sudah ditahan di Mapolres Karawang.

“Kita sudah ada device masing-masing pihak. Perannya ada dua orang memberikan suatu kata-kata dalam video tersebut dan ada mengupload melalui medsos. Kemudian itu nanti akan ditranskrip,” ujar Trunoyudo.

Polisi juga masih akan memeriksa beberapa saksi dan ahli terkait kasus ini. Trunoyudo menambahkan, barang bukti pun juga masih terus dikumpulkan.

“Kita lihat video tersebut dan kita akan minta keterangan dan pendapat ahli terkait hukum pidana juga dengan ITE. Dan juga tentang bahasa yang dimaksud termasuk perkembangan pendapat ahli,” urainya.

“Kemudian nanti bagaimana ke depannya terhadap kasus ini apakah ada saksi lain, apakah ada nanti keterkaitan dengan kelompok lain itu nanti kita akan lihat menurut keterangan dan alat bukti lainnya,” sambung dia.

Video ketiga ibu yang jadi tersangka itu viral karena kampanye door to door yang mereka lakukan. Saat menemui warga mereka diduga menyebarkan fitnah untuk menyudutkan calon presiden Jokowi. Mereka mengatakan, jika Jokowi terpilih kembali, azan di masjid akan dilarang, pemakaian hijab dilarang, dan pernikahan sesama jenis akan diperbolehkan.

Sumber : www.kumparan.com


Redaksi

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF