Jangan Oleskan Balsem di Bawah Hidung, Ini Bahayanya


14 shares
Ilustrasi mulut (Foto : https://thumb.viva.co.id)

Balsem biasa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari menghangatkan tubuh, meredakan pilek, sakit perut, mual, sakit kepala, dan tenggorokan gatal. Namun, kegunaan balsem yang paling terkenal adalah untuk meredakan nyeri sendi.

Menurut dr. Lonah Sp.FK, balsem memang ampuh untuk meredakan nyeri sendi. Rasa hangat yang diberikan balsem mampu memberikan kenyamanan pada sendi yang bermasalah.

“Balsem memang terbuat dari gel anti radang dan anti inflamasi yang membantu meredakan nyeri sendi,” ucap Lonah dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat, 22 Februari 2019.

Namun, ia mengingatkan bahwa balsem adalah obat luar yang penggunaannya topikal. Balsem tak boleh dioleskan pada mata atau daerah dekat mata, selaput lendir, kulit yang terluka, sensitif atau alergi.

“Balsem juga tidak boleh dioles di bawah hidung, karena berisiko menimbulkan luka dan iritasi karena kulit di area tersebut sensitif,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika terjadi iritasi atau kulit perih setelah memakai balsem, Anda harus segera hentikan pengobatan dan jika perlu  berkonsultasikan dengan dokter. (zho)

Sumber : https://www.viva.co.id


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF