Lakukan 5 Kebiasaan Ini Kalau Kamu Sudah Capek Main Medsos


20 shares
Ilustrasi menikmati alam (Foto:https://tokoherbal123.com)

Berselancar secara terus menerus dalam sosial media kadang membuat kita menjadi stres dan lelah. Di balik sisi positifnya yaitu memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan baik, ada fakta miris lainnya di balik itu.

nfografis dari entrepreneur.com menyebutkan bahwa setiap orang yang bermain sosial media hampir setiap harinya menerima 285 buah konten, termasuk 54.000 kata, dan 443 menit video. Hal ini tentu bukan angka yang sedikit, dan berdampak buruk bagi kesehatan mental kita.

Ketika sedang terhubung dengan sosial media, begitu banyak konten yang kita lihat, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika kita melihat seseorang menulis tentang hidupnya yang bahagia, dan apa yang telah mereka capai, jadikanlah hal tersebut hanyalah sebuah inspirasi.

Bukan untuk membandingkan hidup mereka dengan Anda. Hal ini tentu membuat suasana hati Anda menjadi bertambah buruk. Menurut Dr. Kerry Petsinger, doctor of physical therapy, berikut 5 kebiasaan yang bisa Anda coba ketika lelah dengan sosial media.

1. Kirim surat tulis tangan kepada orang yang Anda sayangi

Ilustrasi menulis surat (Foto : www.mpssoft.co.id/)

Memberikan tanda like terhadap postingan teman merupakana hal yang hebat. Namun mendapatkan surat berupa tulisan tangan dapat menjadi hal yang sangat berarti dan menghangatkan hati.

Kirimlah surat secara konvensional seperti waktu saat Anda kecil dulu, kepada orang-orang yang Anda sayang. Hiasi kartu tersebut dengan kata-kata dan kreativitas yang indah, sehingga surat Anda dapat terkesan dan sulit untuk dilupakan. Surat ini akan membuat hubungan Anda dan kerabat akan semakin erat.

2. Nikmatilah waktu tanpa sosial media

Ilustrasi santai (Foto : https://topmedia.co.id)

Sekarang tibalah saatnya untuk berhenti sejenak dari sosial media. Jauhkan semua gadget dari jangkauan Anda, berilah waktu Anda untuk lepas sejenak dari sosial media.

Baca :   Demi Konten Medsos, 'Tuyul' 13 Tahun di Depok Ditangkap Polisi

Pejamkan mata Anda dan beristirahatlah. Nikmati keheningan, kedamaian dan ketenangan itu. Waktu untuk sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan Anda. Anda bisa memikirkan segala sesuatunya dengan jernih, membuat Anda menjadi lebih kreatif.

 

3. Bertemu kerabat secara langsung

Ilustrasi bertemu kerabat (Foto : https://cdns.klimg.com)

Jika selama ini Anda dan kerabat atau keluarga hanya dapat berhubungan lewat media sosial, namun hal itu tentu tidak dapat menggantikan bertemu dengan mereka secara langsung. Rencanakanlah waktu agar Anda dan kerabat dapat bertemu.

Merencanakan makan siang bersama, berolahraga bersama atau berpesta di akhir pekan. Nikmatilah waktu bersama teman-teman Anda dan bertukar ceritalah bersama.

4. Temukan kembali diri Anda

Ilustrasi (Foto : https://awsimages.detik.net.id)

Ketika Anda memutuskan untuk istirahat sejenak dari sosial media, Anda tidak akan lagi menemukan atau terpapar oleh informasi kehidupan orang lain ataupun pendapat dari orang lain. Waktu dan pikiranmu sekarang telah bebas untuk berekspresi, dan menjelajah hobi-hobi baru.

Hal ini dapat menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda untuk menemukan passion dan motivasi dalam hidup. Lalu, hal yang terpenting dari istirahat dari sosial media adalah membantumu untuk fokus dengan apa yang betul-betul berarti untukmu.

 

5. Pergi ke alam bebas

Ilustrasi menikmati alam (Foto:https://tokoherbal123.com)

Dengan pergi ke alam bebas, kamu dapat menikmati dan melihat indahnya alam yang telah Tuhan ciptakan. Betapa indahnya keadaan matahari saat terbit, dan pemandangan saat malam yang cerah dipenuhi oleh bintang-bintang.

Hal ini mungkin tidak akan kamu dapatkan jika kamu terlalu sibuk dengan sosial media. Mungkin selama ini jika kamu berpergian hanya sibuk berfoto atau sekedar meng-update-nya di status, untuk menarik perhatian teman-teman. Namun ubahlah kebiasaan tersebut dengan mengenyahkan sosial media dari jangkauan. Berikan waktu untuk diri Anda menikmati indahnya alam yang telah diciptakan untuk kita ini

Baca :   Jangan Remehkan, Liburan Bisa Turunkan Risiko Kematian

Siapkan diri Anda untuk melakukan 5 kebiasaan di atas dan rasakan dampak positif yang Anda rasakan!

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

Sumber : Lakukan 5 Kebiasaan Ini Kalau Kamu Sudah Capek Main Medsos


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF