Jokowi Vs Prabowo di Google Trends, Siapa Paling Populer?


Belakangan ini persaingan antarkubu capres makin panas. Masing-masing kubu capres mengklaim elektabilitas dan popularitas mereka naik. Kubu 02 mengklaim elektabilitas capres mereka mereka telah unggul sedikit dibanding calon petahana.

Persaingan popularitas Jokowi dan Prabowo tak cuma muncul dalam perang klaim tersebut. Dalam penelusuran pencarian di mesin pencari Google, persaingan Jokowi dan Prabowo juga tersaji sengit.

Data tren pencarian topik tertentu di Google Trends dalam sepekan terakhir menunjukkan sengitnya popularitas Jokowi melawan Prabowo.

Menurut data Google Trends pada periode sepekan terakhir ini, topik pencarian kata kunci ‘Jokowi’ selalu unggul dari topik pencarian dengan kata kunci ‘Prabowo’.

Tercatat sejak 6 Februari 2019 hingga 12 Februari 2019, topik pencarian ‘Jokowi’ unggul tipis dari topik pencarian ‘Prabowo. Dari grafik yang tersaji, popularitas Jokowi terus dibayang-bayangi oleh popularitas Prabowo.

Pencarian dari Jokowi dan Prabowo menunjukkan pola yang mirip dan seiring.

Sebelum kamu mengambil kesimpulan atas data Google Trends ini, perlu kamu ketahui bagaimana membaca data Google Trends.

Jika diturunkan pada peta per wilayah, data Google Trends menunjukkan, pengguna yang tertarik dengan pencarian ‘Jokowi’ yakni Bali yakni 60 persen tertarik mencari topik Jokowi dan 40 persen tertarik mencari Pabowo.

Sulawesi Utara (Jokowi 60 persen, Prabowo 40 persen); Jawa Timur (Jokowi 59 persen, Prabowo 41 persen); Maluku Utara (Jokwi 58 persen, Prabowo 42 persen); DKI Jakarta (Jokowi 58 persen, Prabowo 42 persen).

Pencarian topik ‘Prabowo’ menurut data Google Trends unnggul di Maluku (Jokowi 49 persen, Prabwo 41 persen); Sulawesi Tengah (Jokowi 51 persen, Prabowo 49 persen); Sumatera Barat (Jokowi 51 persen, Prabowo 49 persen); Aceh (Jokowi 51 persen, Prabowo 49 persen); dan Sulawesi Tenggara (Jokowi 51 persen, Prabowo 49 persen).

Baca :   Pasokan Sawit Melimpah, Presiden Jokowi Sarankan Petani Beralih Tanam Durian

Jika dilakukan perbandingan topik antara Jokowi-Maruf dengan Prabowo-Sandiaga, terlihat popularitas Prabowo-Sandiaga unggul dari topik Jokowi-Maruf dalam beberapa momen dalam sepekan terakhir ini.

 

Dikutip dari laman Medium, Data Editor Google, Simon Rogers menjelaskan data yang muncul di Google Trends merupakan sampel data pencarian Google yang tidak bias.

Data ini dianonimkan, dikategorikan dan dikumpulkan. Dengan demikian, kamu bisa mengukur minat topik tertentu mulai berbasis waktu sampai lokasi, dari puluhan tahun lalu sampai waktu saat ini atau dari seluruh dunia hingga tingkat kota.

Google Trends menyaring data tren pencarian dalam dua hal yakni real time dan non real time.

Data real time merupakan sampel acak pencarian atas topik tertentu dalam waktu tujuh hari terakhir. Sedangkan non real time merupakan sampel acak dari seperangkat data pencarian di Google dari 2004 hingga 36 jam lalu.

Nah dalam grafik Google Trends, popularitas topik tertentu diwakili dengan angka-angka.

Rogers menjelaskan, dalam Google Trends mereka mengindeks angka dari satuan sampai 100.

Angka 100 merupakan minat maksimum dari pencarian topik tertentu. Jika topik tertentu punya skor 100, artinya topik tersebut sangat populer dan banyak dicari di mesin pencarian Google untuk waktu dan lokasi tertentu.

Ringkasnya, makin kecil skor angka berarti minat pencarian topik tertentu makin tidak diinginkan alias, popularitas topik tertentu makin kecil. (dhi)

Sumber : https://www.viva.co.id


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF