Website Kominfo Sempat Down, Ini Penjelasannya


Situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika www. kominfo .go.id sempat mengalami gangguan pada Senin (11/2/2018) yang berujung pada putusnya akses menuju laman tersebut.

Beruntung, tim IT Kominfo langsung cekatan menangani masalah tersebut sehingga website resmi Kominfo sudah kembali beroperasi pada Selasa (12/2/2019) per pukul 10.30 WIB.

Menanggapi masalah website Kominfo Down , Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu memberikan pernyataan resminya.

Menurut lelaki yang akrab disapa Nando ini, permasalahan mulai terjadi pada Senin (11/02/2019) pukul 14.30 WIB akibat kegagalan fungsi sistem virtualisasi server Data Center Kementerian Komunikasi dan Informatika. Setelah diidentifikasi, sumber masalahnya berasal dari salah satu host yang mengalami crash.

Selain website Kominfo, layanan website lainnya juga mengalami hal serupa, yaitu e-PPID, infopublik.id, dan balitbangsdm.kominfo.go.id.

Selama fase perbaikan, layanan website Kominfo sempat pulih pada pukul 15.30 WIB sampai Selasa (12/02/2019) pukul 05.00 WIB, kemudian terjadi lagi crash yang menyebabkan layanan website belum bisa diakses lagi.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas gangguan beberapa jam tersebut,” tulis Nando.

Sebagai informasi, website dengan alamat www.kominfo.go.id terlihat menampilkan tulisan ‘500 Internal Eror’ bersamaan dengan permintaan maaf.┬áDengan latar belakang berwarna biru yang menjadi ciri khas Kominfo ini menampilkan tulisan bahwa halaman tersebut tak dapat diakses.

“Maaf, halaman situs yang Anda cari tidak dapat ditemukan. Silakan periksa kembali alamat situs yang ingin Anda kunjungi,” begitu kalimat yang tersedia di halaman tersebut.

Sumber : www.suara.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF