Guys, Ini 5 Tips Memaksimalkan Olahraga di Akhir Pekan


Akhir pekan adalah kesempatan untuk menebus ‘dosa’ kurang gerak di hari-hari kerja. Waktu yang terbatas tersebut harus dimaksimalkan biar efeknya maksimal.

Memang ada perdebatan soal cara paling sehat untuk memanfaatkan akhir pekan. Lebih baik istirahat memulihkan tenaga, atau habis-habisan olahraga karena tidak pernah sempat melakukannya di hari biasa?

Yang pasti, ada 24 jam dalam sehari. Bila akhir pekan punya 2 hari libur, berarti ada 2×24 jam yang tersedia. Masa iya sih, mau tidur terus selama dua hari?

Nah, bagi kamu yang ingin meluangkan waktu untuk olahraga di akhir pekan, berikut detikHealth merangkum beberapa tips untuk memaksimalkannya.

Jangan pelit waktu

Kalau di hari biasa cuma bisa menyempatkan 30 menit untuk olahraga, atau bahkan tidak sempat sama sekali, maka lakukan lebih lama pada akhir pekan. Lakukan misalnya selama 45 menit, 60 menit, atau 120 menit.

Khawatir buru-buru karena harus kondangan? Bangun lebih awal, lakukan sesi olahraga di pagi-pagi buta. Dijamin lebih menyegarkan karena udara masih belum tercemar polusi.

Tambal sulam

Keterbatasan waktu di hari kerja membuat sesi olahraga sulit bisa maksimal. Manfaatkan akhir pekan untuk menambal kekurangan-kekurangan tersebut. Bila di hari kerja tidak pernah sempat memasukkan kardio, maka di akhir pekan bisa disempatkan untuk lari atau bersepeda sejauh mungkin.

Sambil refreshing juga bisa lho!

Inti dari refreshing adalah mengubah rutinitas. Bila di hari kerja olahraga cuma bisa dilakukan di gym di dekat kantor, sebaiknya jangan ke tempat itu lagi untuk olahraga di akhir pekan. Kenapa nggak di pantai, atau sekalian jalan-jalan ke gunung? Bahkan ikut memeriahkan Car Free Day juga akan memberikan suasana baru yang tak cuma menyehatkan secara fisik tapi juga bikin rileks.

Baca :   Ini 6 Perubahan yang Terjadi Jika Rutin Minum Air Kelapa

Bersosialisasi

Pasti sulit sekali bisa olahraga berkelompok pada hari kerja, masing-masing pasti punya ritme kesibukan sendiri. Di akhir pekan, sebagian besar akan punya waktu libur sehingga sangat memungkinkan untuk berkumpul. Memangnya apa manfaatnya kumpul-kumpul olahraga bareng? Saling memotivasi, dan menghadirkan suasana kompetitif. Dijamin jadi lebih semangat!

Rasakan sensasi mandi keringat

Keringat berlebih pasti sangat dihindari di hari kerja. Kalaupun bisa mandi setelah berolahraga singkat, pastinya makan waktu dan tidak mungkin berlama-lama di shower. Akibatnya jadi sulit menikmati sensasi mandi peluh ketika tubuh membakar banyak kalori. Nah, akhir pekan adalah kesempatan paling baik untuk menjajal pengalaman tersebut. Tapi setelah itu tetap harus mandi ya?

(up/kna)

Sumber : https://health.detik.com

Judul asli : 5 Tips Memaksimalkan Olahraga di Akhir Pekan


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF