Nyeri Haid Terasa Menyiksa? Ini Tips Meredakannya


Mandi air hangat tak hanya membuat pegal-pegal hilang tetapi juga menenangkan tubuh dan pikiran. Ternyata di balik itu, mandi air hangat juga memberikan manfaat yang sangat besar pada wanita yang sedang haid. Berikut manfaat mandi air hangat saat haid yang penting untuk diketahui.

Manfaat mandi air hangat saat haid

Ilustrasi Mandi air hangat

Saat haid tubuh rasanya sudah tak karuan. Rasa nyeri, kram, dan pegal kerap menjadi “makanan” wanita setiap bulannya. Untuk meredakan semua itu, ternyata Anda tak selalu harus menggunakan obat, lho. Pasalnya, mandi air hangat bisa membantu membuat Anda jauh lebih rileks saat sedang dilanda tamu bulanan.

Dr. Carolyn Dean, dewan penasihat medis di Nutritional Magnesium Association, menyatakan air hangat membantu meningkatkan dan memperlancar sirkulasi tubuh. Dengan sirkulasi yang lancar maka risiko kram perut saat haid pun menjadi jauh lebih berkurang.

Pasalnya, suhu panas ini akan melancarkan aliran darah ke daerah panggul dan membantu mengendurkan otot-otot yang kram. Oleh karena itu, Dean menganjurkan wanita yang sedang haid untuk mandi air hangat plus garam Epsom.

Kompres dengan air hangat

Ilustrasi kompres air hangat

Selain mandi air hangat, Anda juga bisa membanu mengatasi nyeri haid dengan menaruh kantong air panas (heating pad) atau handuk yang sudah dibasahi air panas.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menemukan fakta bahwa tambahan panas dari luar tubuh seperti heating pad dengan suhu sekitar 40 ° C sama efektifnya dengan ibuprofen. Penelitian ini dilakukan pada 147 wanita berusia 18 hingga 30 tahun dengan siklus menstruasi yang teratur.

Untuk meredakan nyeri haid, Anda juga bisa membuat bantal pemanas sendiri tanpa membelinya dengan cara:

  1. Guntinglah dua potong kain seukuran perut.
  2. Jahit sisinya dengan menyisakan satu bagian yang tak tetap terbuka.
  3. Isilah dengan nasi mentah atau gulungan handuk, kemudian jahit lubangnya hingga semuanya tertutup.
  4. Panaskan selama beberapa menit di microwave atau tempat pengukus hingga cukup hangat.
  5. Tempelkan di perut dan panaskan kembali jika diperlukan.
Baca :   Makan Es Krim Saat Haid Picu Kanker Serviks, Mitos Atau Fakta?

Selain memberikan sumber panas dari luar tubuh, Anda juga bisa memberikan asupan dari dalam. Minum teh atau air putih hangat juga membantu meregangkan  otot-otot tubuh termasuk di bagian perut.

Sumber : https://hellosehat.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF