Pasar Pancingan Lombok Tengah “Dikeroyok” Empat Kementerian RI


Pasar Pancingan merupakan satu dari sekian banyak objek desa wisata yang ada di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Meski baru satu tahun terbentuk, namun eksistensi objek wisata yang ada di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata tersebut, tidak perlu diragukan lagi. Bahkan Pasar Pancingan sudah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat, sebagai salah satu destinasi desa wisata unggulan nasional.

Menteri  Pariwisata, Arief Yahya juga pernah beberapa kali mampir di objek wisata tersebut. Sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat, tahun ini total ada empat kementerian yang akan terlibat membantu pengembangan desa wisata tersebut. Dengan membantu membangun fasilitas pendukung serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang ada. “Pasar Pancingan tahun ini akan dikeroyok empat kementerian sekaligus,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbub) Loteng, H.L. Putria, Minggu,  3 Februari 2019.

Harapanya tentu dengan keterlibatan kementerian-kementerian tersebut, Pasar Pancingan Bilebante bisa semakin eksis dan bisa menjadi objek wisata unggulan di daerah ini bahkan nasional.

Pihaknya pun berharap, di tengah demam desa wisata tengah melanda Loteng saat ini, Pasar Pancingan Bilebante bisa menjadi contoh. Bagaimana mengembangkan destinasi desa wisata supaya sukses. Bahwa yang dibutuhkan dalam mengembangkan desa wisata adalah kreativitas dan inovasi disertai kemauan yang kuat. Tanpa itu semua, maka sulit untuk bisa mengembangkan desa wisata.

“Pasar Pancingan inikan awalnya merupakan lokasi bekas galian pasir. Tapi dengan kreativitas dan inovasi, lokasi tersebut bisa dikembangkan sebagai objek wisata unggulan,” terangnya.

Artinya, desa-desa lainnya di Loteng bisa melakukan hal yang sama. Dengan catatan, pengelola harus kreatif dan inovatif. Apalagi desa-desa yang memang sudah punya potensi wisata. Tentunya akan semakin mudah mengembangkannya sebagai destinasi desa wisata. “Pemerintah dalam hal ini siap mendukung. Asalnya pemerintah desa dan pengelola mau dan serius mengembangkan desa wisata,” tandas Putrie.

Baca :   Diduga Gangguan Jiwa, Seorang Perempuan Lombok Tengah Bunuh Diri ke Dalam Sumur

Sahrul, pengelola Pasar Pancingan Bilebante mengungkapkan, objek wisata Pasar Pancingan mulai di-lauching pada Novemer tahun 2017 lalu. Seperti namanya, Pasar Pancingan Bilebante menawarkan area pemancingan. Dengan beberapa jenis ikan yang bisa dipilih oleh pengujung. Ikan hasil pancingan bisa dibawa pulang dengan harga yang terjangkau. Atau sekedar memancing untuk kemudian ikannya dilepas lagi.

Selain itu, Pasar Pancingan Bilebante juga menawarkan berbagai makanan dan jajanan tradisional khas Lombok. Harganya pun dipastikan tidak akan sampai menguras kantong pengunjung. “Tapi memang Pasar Pancingan Bilebante ini tidak buka setiap hari. Hanya pada hari Minggu saja. Itupun hanya sampai pukul 12 siang saja,” ujar Sahrul.

Di area seluas sekitar 4 hektar tersebut, pengunjung juga bisa berswafoto di sejumlah spot foto yang ada. Tidak hanya itu, sebelum sampai ke Pasar Pancingan, dari tempat parkir kendaraan pengujung bisa menikmati indahnya panorama alam berupa hamparan sawah yang luas.

“Destinasi wisata yang kita tawarkan semua alami,” tambahnya. Tidak hanya dengan berjalan kaki, para pengunjung juga bisa menikmati suasana Desa Bilebante dengan cara bersepeda melalui jalur di tengah desa yang ada. Sepedanya pun sudah ada di Pasar Pancingan, tinggal digunakan saja.

Soal angka kunjungan, sejak di-launching terus bertambah. Yang datang kebanyakan rombongan keluarga maupun dari komunitas tertentu dan bukan hanya dari Loteng, tapi dari luar Loteng. Termasuk wisatawan mancanegara juga acak kali berkunjung, karena objek wisata masih sangat alami dan penuh dengan sentuhan tradisional. (kir)

Sumber : https://www.suarantb.com

Judul asli : Pasar Pancingan Dikeroyok Empat Kementerian


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF