Masih Buron, Mandala Shoji Resmi Dicoret KPU dari Daftar Caleg Tetap


KPU telah resmi mencoret nama Mandala Shoji dari Daftar Caleg Tetap (DCT) di Pileg 2019. Aktor sekaligus caleg partai PAN untuk dapil Jakarta Pusat tersebut dicoret lantaran melakukan pelanggaran kampanye dengan membagi kupon umrah.

Ia divonis bersalah dan mendapat hukuman penjara 3 bulan. Mandala sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun majelis hakim menolak banding tersebut dengan menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menyatakan Mandala terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemilu. Bahkan hingga saat ini Mandala masih berstatus buron lantaran belum diketahui di mana ia berada. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan pun menerima keputusan KPU untuk mencoret namanya dari DCT.

“Kami menghormati proses hukum. Kalau memang KPU mau mencoret, ya kami akan terima keputusan itu,” kata Bara di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/2).

Menurutnya, apa yang dilakukan Mandala Shoji sudah jelas mencoreng nama PAN. Bara mengaku DPP PAN telah memberikan instruksi agar caleg tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Bara pun mengimbau agar Mandala Shoji segera menyerahkan diri ke pihak berwajib dan tetap menjalani proses hukum yang telah ditetapkan.

“Saya minta dia menghormati proses hukum dan menyerahkan diri ke pihak otoritas untuk menjalankan proses hukum ini,” tegas Bara. KPU sendiri sudah berencana untuk tidak mencetak ulang surat suara jika di dalamnya masih terdapat nama Mandala dalam daftar caleg.

Namun, KPU sudah mempunyai beberapa cara untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa caleg itu dinyatakan dicoret dari DCT.

Sumber : https://kumparan.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF