Menu agar Berat Badan Anak Cepat Naik


Berat badan kerap jadi salah satu yang membuat orangtua ketar-ketir dalam masa tumbuh kembang anak. Berat badan anak yang kurang bisa membuat ibu jadi khawatir. Mommy Desi Wijaya dari Babyologist membagikan pengalamannya terkait meningkatkan berat badan secara cepat.

Setelah kemarin aku share BB (berat badan) Zoey, banyak Mommies yang kaget, kok bisa Zoey BB-nya naik drastis dalam waktu kurang lebih 3 minggu? Mulai dari 15 November ya.

Kenapa aku boost?

Karena aku lihat Zoey tinggi ya. Mungkin sekarang sekitar 85 cm dan aku belum ukur lagi, namun ia kelihatan kurus. Selain itu, ditambah lagi memang 1-2 bulan terakhir berat badan Zoey susah naik (di 11-11,4 Kg dan tidak naik lagi). Untuk mengatasinya, saya melakukan beberapa cara berikut ini:

Langkah pertama: Pastikan anak mau makan

Jadi kalau sudah buat superfood seperti apapun, bakalan percuma juga kalau anaknya tidak mau makan. Kalau aku sendiri flexible aja, asal Zoey mau makan di mana aja oke. Tapi tenang Moms, tidak selamanya juga aku ikutin maunya Zoey terus. Jadi, aku tetap usahain supaya dia tetap makan di mejanya

Kedua: Kaldu (Bisa kaldu iga, daging, ayam)

Pilihan aku jatuh ke kaldu iga (yang banyak lemak). Berikut adalah hal yang perlu dipersiapkan dan juga cara membuatnya:

  • Alat: Slow cooker
  • Bahan: Iga sapi/lemak, wortel
  • Masak kurang lebih 7-9 jam.

(Kenapa cuma wortel? Wortel hanya berperan sebagai pemanis saja dan biar rasa kaldu tetap murni hehe)

Untuk kaldu iga sapi aku prefer rebus 5 menit di air mendidih dulu, tujuannya biar air kaldu tidak terlalu hitam. Langsung cepat-cepat angkat kalau sudah 5 menit dan segera masukkan ke slow cooker.

Baca :   Akibat Terjatuh, Bocah 5 Tahun Ini Kena Kanker Tulang

Perbandingan bahan utama dan air: Bahan utama 250 gram : air 500-700 ml

(Kalo aku suka yang kental ya jadi aku menggunakan 500 ml air, jadi Moms bisa juga modifikasi sesuai selera). Setelah kaldu matang, aku saring terlebih dahulu lalu masukin ke botol kaca/kantong asip/MPASI. Kalau bisa masukin per porsi makan (kalau aku sendiri mengemasnya dalam porsi per hari, karena aku sekali masak buat 2 kali makan).

Yang terakhir adalah cara memasak MPASI dengan kaldu:

Saat hendak memasak MPASI anak (lauk-pauk), pastikan pakai air ya Moms, nah di sini airnya aku ganti pake kaldu (kecuali kalau masak nasi). Contoh: Masak sup, pasti berkuah kan? Dan biasanya air yang kita gunakan adalah air mineral, nah airnya bisa kita ganti dengan stok kaldu yang kita buat.

Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.liputan6.com/


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF