Sering Naik Kendaraan Umum Bisa Buat Kamu Jadi Langsing


Pada banyak orang, transportasi umum baik berupa bus kota, kereta, atau moda lainnya menjadi pilihan utama untuk berpindah sehari-hari. Namun ternyata selain sebagai cara untuk berpindah ke tempat lain, pemilihan moda transportasi ini juga dapat membantu kamu tetap langsing.

Dilansir dari New York Post, sebuah penelitian dari University of Illinois at Urbana-Champaign dan Georgia Tech menemukan manfaat menyehatkan dari menggunakan transportasi umum ini. Kebiasaan ini diketahui dapat menurunkan tingkat obesitas atau kegemukan seseorang.

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada jurnal Transportation Research Part A: Policy and Practice. Kesimpulan tersebut didapat berdasar data dari tahun 2001 hingga 2009 dari 227 desa di 45 negara bagian Amerika Serikat.

Berdasar data tersebut didapat hasil mengejutkan yang menghubungkan antara transportasi massal deng tingkat obesitas. Diketahui bahwa ketika terdapat peningkatan 1 persen pada jumlah orang yang menggunakan kendaraan umu, terdapat penurunan sebesar 0,5 persen pada tingkat obesitas.

Kendati transportasi umum kerap kali berada dalam kondisi jorok dan tak ideal namun ternyata hal itu tak berpengaruh. Hal ini ternyata tak berpengaruh dalam menurunnya tingkat obesitas ini.

Sheldon H. Jacobson, profesor ilmu komputer di University of Illinois sekaligus peneliti dari riset ini menyebut bahwa belum ada hubungan gamblang yang bisa didapat dari hasil temuan tersebut.

“Tidak secara gamblang ditunjukkan bahwa seseorang bakal cenderung tak gendut jika mereka menggunakan kendaraan umum secara rutin,” jelas Jacobson.

Walau begitu, dia percaya bahwa menggunakan kendaraan umum menimbulkan lebih banyak kesempatan untuk berolahraga. Jarak berjalan jika menggunakan kendaraan umum tentu bakal lebih jauh dibanding ketika kamu terbiasa naik mobil atau sepeda motor pribadi.

“tak banyak orang yang menggunakan transportasi umum dapat berhenti tepat di depan rumah mereka,” terang Jacobson.

Baca :   Ini Cara Mencuci Tumbler yang Tepat

“Mereka harus berjalan dari dan menuju ke tempat pemberhentian. Jumlah kalori yang terbakar ini mungkin cukup kecil namun tetap lebih besar,” tandasnya. [RWP]

Sumber : https://www.merdeka.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF