Akibat Makan Pasta Sisa Semalam, Pria Ini Meninggal Ketika Tidur


Memanaskan makanan menjadi pilihan banyak orang saat tidak punya banyak waktu untuk memasak. Namun, menghangatkan makanan pun tidak boleh sembarangan agar tidak mengalami kasus yang sama seperti pria ini.

Dikutip dari health.com, seorang pria berusia 20 tahun mengalami kejadian mengenaskan saat memakan makanan sisa semalam. Dalam kisahnya, AJ menghangatkan beberapa porsi sisa pasta semalam di microwave yang dia makan untuk makan malam. Setelah satu setengah jam setelahnya, AJ mengeluh sakit kepala, sakit perut, dan mual.

AJ kemudian muntah beberapa kali dan orangtuanya menganggap itu hanya efek dari keracunan makanan, jadi dia memutuskan untuk tidur saja. Kemudian setelah itu, orang tuanya menemukan tubuhnya yang tak bernyawa keesokan paginya ketika dia tidak bangun untuk kuliah.

Dalam kasus tersebut, AJ memang keracunan makanan tapi kasusnya lebih serius daripada umumnya. Autopsi mengungkapkan bahwa itu disebabkan oleh bakteri pembentuk spora yang disebut Bacillus cereus.

Laboratorium Referensi Nasional Belgia untuk KLB Foodborne memeriksa sampel pasta dan saus tomat yang merenggut nyawa AJ. Ternyata dalam pasta itu ada cukup racun dari semua bakteri yang tersisa sehingga menyebabkan kegagalan pada ginjal.

Namun bukan berarti menghangatkan makanan sisa semalam tidak dianjurkan. Para ahli menyarankan untuk menyimpan makanan di kulkas dalam suhu kurang dari 4 derajat Celsius sebelum dihangatkan. Kemudian buang makanan ketika telah disimpan 3-4 hari.(kna/up)

Sumber : https://health.detik.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF