Ini Alasan Stres Bisa Picu Mag Akut, Seperti yang Dialami Vanessa Angel


Setelah diumumkan ditahan, Vanessa Angel sempat pingsan dan ternyata ia mengidap mag akut. Magnya kambuh karena syok atas pengumuman tersebut.

Pada keadaan seperti itu, pastinya kondisi psikologis seseorang dapat terganggu, misalnya mengalami stres. Dan ternyata stres berkaitan langsung dengan munculnya penyakit mag.

“Stres dapat memengaruhi setiap bagian dari sistem pencernaan,” kata profesor kedokteran di gastroenterologi dan direktur medis dari Pusat Kesehatan Pencernaan di Wake Forest University Baptist Medical Center di North Carolina, Kenneth Koch, MD dikutip dari Everyday Health.

Dikutip dari Healthline, menurut sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa orang Norweigia yang melaporkan stres terkait pekerjaan secara signifikan lebih berisiko terhadap gejala mag akut bahkan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Sebuah studi yang lebih baru, yang diterbitkan dalam Internal Medicine telah mewawancarai 12.653 orang dengan GERD dan menemukan bahwa hampir setengahnya melaporkan stres sebagai faktor terbesar yang memperburuk gejala, bahkan ketika sedang dalam pengobatan.

Para peneliti percaya bahwa stres dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap asam lambung. Maka dari itu, orang yang mengalami stres biasanya kadar asam lambungnya meningkat.

Sumber : https://health.detik.com


Redaksi

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Image
Photo or GIF